Minggu, 28 Oktober 2012

Indonesia Kaya


Oleh Ilham Dwi Hatmawan

K
alau bicara tentang Indonesia, mana mungkin ada ujungnya. Ribuan suku dengan ratusan bahasa yang mendiami lebih dari 17.000 pulau. Wow!!! Dengan milyaran keanekaragaman dan kekayaannya, Indonesia bukan tidak mungkin akan menjadi macan yang akan menguasai dunia. Harapan ini bukan sebuah harapan yang muluk-muluk apalagi harapan kosong. Sebab dengan laju pertumbuhan penduduknya, Indonesia sudah mampu menyeimbangkan dengan pertumbuhan ekonomi dan pariwisata. Hari inipun kekuatan militer sedang diusahakan lebih baik dan lebih kuat. Ancaman dari negara tetangga bukan tidak mungkin akan menjadi anacaman terbesar bagi bangsa Indonesia.
Kekayaan dan keindahan alam Indonesia bukan lagi rahasia, namun sebuah kebanggaan. Indonesia sebagai negara maritim dan kepulauan memiliki kekayaan alam dan keindahaan pantai serta laut yang indah. Biota laut yang makin hari makin berkembang serta ribuan koral yang berjajar rapi menambah keindahan bawah laut negeri kita.
Turis domestik dan mancanegara mungkin sudah tidak asing lagi mendengar Bunaken, Bali, Belitung atau mungkin Mentawai di Sumatra Barat. Yup! Wisata alam ini sudah menjadi tujuan utama bagi turis asing yang datang ke Indonesia.
Misalnya saja Bunaken yang menyajikan sebuah surga bawah laut di depan mata kita. Ratusan bahkan ribuan spesies hewan laut hidup berdampingan di sebuah kolam alam yang indahnya bukan main. Laut Bunaken di Sulawesi Utara juga pernah menjadi saksi bisu pemecahan rekor upacara kemerdekaan Indonesia di bawah laut.
Selain itu Bali dan Mentawai juga menawarkan sejuta pesona laut yang menakjubkan. Bali yang terkenal dengan pusat wisata laut Indonesia dan Mentawai yang menawarkan ombak terbaik di dunia. Atau mungkin Belitung dengan pasir putih serta batu alam yang membuat kita tertegun saat melihatnya. Satu lagi yang sedang heboh adalah Pulau Komodo yang akan menjadi 7 Keajaiban Dunia Alam.
Tidak hanya kekayaan alam yang diunggulkan, namun kekayaan budaya Indoneisapun tidak kalah menarik. Layaknya Borobudur, Prambanan, Mendhut, Muara Takus dan kawannya yang lain. Ini adalah bukti sejarah kekuasaan Indonesia di dunia pada masala lampau yang tidak mungkin akan terulang kembali. Ada pula tari Serimpi, Pendhet, Saman, Dayak Kenyah dan sebagainya.
Turis asing yang berkunjung ke Indonesiapun merespon keramahan masyarakat Indonesia. Inilah yang menjadi nilai plus yang jarang mereka temui di negara asal mereka. Selain itu keberagaman yang tumbuh di indonesia tidak menimbulkan perpecahan di tubuh NKRI. Semangat ini telah dibentuk oleh pendiri bangsa kita yang membuat sebuah landasan “Bhineka Tunggal Ika” yang artinya Walaupun Berbeda-Beda Tetapi Tetap Satu Jua.
Satu yang disayangkan dari masyarakat Indonesia adalah ketidak pedulian mereka dengan kebersihan lingkungan dan kurangnya semangat untuk memperbaiki diri. Tetapi seiring berjalannya waktu setelah banyak upaya yang dilakukan, masalah ini sudah mulai dapat terkendali. Jangan ragu untuk berkunjung ke Indonesia ya! Apapun dapat kalian temukan di negara kami. Khusus untuk warga Indonesia satu pesan saya “No Pessimist But Always Optimist”. Jangan sampai apa yang sekarang kita punya diklaim atau diakui sebagai milik negara tetangga ya.. Sakit kan? So, Keep on Fire!! Wait for your visiting Sir/ Madame.

0 comments:

Posting Komentar


Like .:OSA:.!!! Yoo :)