Sabtu, 03 September 2011

HOMESTAY SJHS 1 PURBALINGGA

Kamis, 28 April 2011


Picture : Dokumen Penulis

Kami berangkat dari GOR Goentur Darjono sekitar pukul 08.00 WIB, kita menuju Desa Serang menggunakan mobil. Sampai di Desa Serang, tepatnya di hutan pinus pukul 09.00 dan disambut dengan kesenian kuda lumping, kebudayaan asli daerah Jawa Tengah. Ditengah-tengah penyambutan ada pemain yang kesurupan, kejadian inilah yang membuat kuda lumping lebih menarik. Setelah mendapat sambutan dari Ketua Agro Education Tourism (AET), Kepala Desa Serang dan pihak sekolah, kami mendapat hiburan kembali. Setelah sambutan selesai, kami berkenalan dengan pemandu kami yang bernama Mas Kirman, kami diajak mencari rumah homestay sendiri. Ternyata kita mendapatkan tuan rumah yang ramah, baik dan tidak sombong, namanya Pak Slamet Riyadi dan Bu Suginah. Mereka memiliki cucu yang baru berusia 2 bulan, kebetulan nama cucunya juga Ilham.
Beberapa saat kita mengobrol, kami berempat, saya, Finley, Jeffrey dan Alfanza, jalan-jalan mengelilingi daerah sekitar. Kita pergi ke atas, ternyata di sana terdapat kolam kecil. Kono ceritanya, kolam tersebut angker dan sarat akan kisah mistis. Saat kami pulang, kami ditawari makan oleh tuan rumah kami, lauknya sederhana, tetapi sangat enak. Setelah makan, saya dan teman-teman yang muslim melaksanakan ibadah sholat dzuhur. Beberapa saat setelah ISOMA, kami diajak ibu tuan rumah pergi ke kebun untuk membantunya membersihkan kebun. Setelah pulang dari kebun, kita kembali bermain dan bercanda. Lalu kami melihat permainan sepak bola sambil makan jajanan yang kami beli.
Saat interaksi dengan tuan rumah, kami saling berkenalan. Selanjutnya, setelah interaksi, sya segera mandi dan bersiap pergi ke masjid untuk melaksanakan ibadah sholat maghrib dan isya berjamaah. Setelah kami dari masjid, kami pulang dan ditawari makan malam oleh tuan rumah. Selesai makan kami mencucinya sendiri dan segera bersiap untuk tidur. Tidur kami sedikit terganggu karena ada teman kami yang mendengkur sangat keras.
Jum’at, 29 April 2011
Kami bangun pukul 04.00 WIB, hawanya sangat dingin. Kami berepmpat mengobrol di teras rumah. Beberapa saat kemudian, tedengar suara adzan subuh berkumandang, kami yang beragama muslim segera pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah. Sambil menatikan kegiatan jalan sehat, kami langsung mandi. Airnya sangat dingin, sampai saat mendi saya sedikit menggigil.
Saat jalan sehat, kami kelompok 9 dipimpin oleh Mas Kirman pergi mengelilingi kampung sekitar. Di perjalanan kami sedikit bercanda dengan teman dan pemandu kami. Sepulang jalan sehat, saya menyapu rumah Pak Slamet karena kotor dengan tanah. Setelah menyapu sampai bersih, kami siajak sarapan pagi oleh Bu Suginah, karena takut merepotkan, kami mencucing piring sendiri.
Setelah sarapan pagi, kami bertiga pergi ke kebun, teman kami Alfanza tidak ikut karena lebih memilih bermain sepak bola. Di kebun, kami membersihkan gulma dan memupuk tanaman dengan pupuk yang berasal dari kotoran hewan. Sesudah berkebun, kami dari kelompok 9 pergi rumah homestay P17 untuk menyusun dan berlatih yel-yel yang akan kami tampilkan. Kami yang beragama muslim segera bersiap-siap untuk melaksanakan sholat Jum’at di masjid terdekat.
Setelah sholat Jum’at selesai, kami dari kelompok 8 dan 9 pergi ke hutan pinus untuk melaksanakan game. Di sana kami bermain flying fox dan beberapa permainan, sayangnya permainan di sana kurang menantang dan mengasyikan. Beberapa saat kemudian cuaca berganti mendung, bahkan sedikit gerimis. Untung saja kelompok kami sudah selesai, hanya tinggal beberapa anak saja yang belum melakukan game.
Sepulang dari hutan pinus, kami segera pergi ke homestay P17 untuk berrunding apa yang akan dipentaskan, kebetulan saya menjadi ketua kelompok 9. Setelah latihan dirasa cukup, kami pulang ke rumah kami masing-masing untuk mandi. Saat waktu maghrib akan menjelang kami ditawari makan malam, selesai makan kami langsung mencuci peralatan makan kami sendiri.
Setelah makan malam, kami yang beragama muslim segera pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat maghrib berjamaah. Karena waktu yang cukup lama saya memutuskan untuk pulang ke rumah. Saat duduk di teras rumah banyak yang menyatakan kejadian-kejadian aneh terjadi. Dari ada anak yang hilang, ada penampakan dan lain-lain.
Sehabis sholat isya berjamaah, saya segera siap-siap tidur, tetapi tuan rumah menawarkan kami untuk menonton TV. Setelah pukul 08.45, saya segera bersiap untuk tidur dan sedikit berkemas untuk persiapan pulang besok siang.
Sabtu, 30 April 2011
Kami bangun pukul 04.15 pagi. Saya segera pergi ke masjid untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah. Setelah pulang dari masjid, saya segera bersiap untuk mandi. Lalu, kami membersihkan lingkungan sekitar, dari depan rumah, jalan, sampai jembatan yang jaraknya sedikit jauh. Selesai kebersihan, kami ditawari makan pagi terakhir bersama. Dan untuk terakhir kalinya kami melakukan kegiatan di desa ini.
Saat kami mengucapkan kata perpisahan dengan tuan rumah, mereka terlihat keberatan untuk melepaskan kita. Kita juga mengucapkan terima kasih atas segala pemberian yang Pak Slamet dan Bu Suginah serta meminta maaf karena telah banyak merepotkan mereka.
Tiba pada saat upacara penutupan, kami semua dilepas oleh Kepala Desa Serang dengan penuh rasa senang dan haru. Saat kita harus berjabat tangan dengan warga sekitar, tidak sedikit warga yang menangis melepas kepergian kita semua.
Akhirnya kita pulang dengan menggunakan kendaraan yang kita gunakan saat berangkat. Kita sampai di SMP Negeri 1 Purbalingga pukul 11.00 WIB.

0 comments:

Posting Komentar


Like .:OSA:.!!! Yoo :)