Sabtu, 04 Juni 2011

Lomba Sinopsis 2011 - State Junior High School 1 Purbalingga


Nama          : Ilham Dwi Hatmawan
NIS            : 1011111365
Kelas          : VII H
                                                       IDENTITAS BUKU                           Gambar Ini Bukan Cover Asli
Picture : adicita.com
1.      Judul Buku      : SEBUAH EPISODE                             
2.      Pengarang       : HANUM SAFNAS
3.      Penerbit           : TIFA Publishing House
4.      Tahun Terbit    : 2008
5.      Tempat Terbit  : Jakarta
6.      Sinopsis          :
Sebuah Episode
            Ada seorang anak dari keluarga ekonomi rendah,  ayahnya hanya pegawai negeri dan ibunya seorang ibu rumah tangga, namanya Yon. Ia memiliki teman-teman yang kaya, mereka adalah Ivan, Roy, Noni, Lola dan Tesa. Orang tua mereka sangat sayang kepada mereka, akan tetapi orang tua Yon berbeda, mereka dianggap membanding-bandingkan Yon dengan kakak dan adiknya yang pintar. Sebenarnya orang tua Yon hanya ingin Yon menjadi orang yang sukses.
            Yon sebenarnya ingin menyampaikan kepada bapaknya bahwa ia ingin setelah tamat SMU nanti, ia dapat melanjutkan kuliah di jurusan teknik, tetapi ia takut menyampaikannya secara langsung kepada ayahnya, ia berniat akan menyampaikan hal tersebut pada saat yang tepat.
            Suatu saat, Yon bertemu dengan Jim. Ia menawarkan tumpangan kepada Yon. Saat perjalanan Jim menawarkan pekerjaan. Jim adalah temannya sewaktu SLTP. Orang tuanya cerai, sehingga hal ini yang membuat kehidupannya kacau. Di sekolah ia menjumpai temannya yang bernama Bram terlambat sekolah. Ternyata, Bram terlambat sekolah karena ia merawat ibunya yang sedang sakit dan bekerja untuk dapat membeli obat. Sepulang sekolah setelah rapat mengenai masalah Bram selesai, ia diajak Ivan ke rumahnya, di sana ia juga ditawari pekerjaan membuat dekorasi. Setelah selesai, ia pulang. Sampai di rumah ia hanya sedikit mengobrol dengan ibunya tentang maslah yang dialaminya.
            Pada keesokan harinya, setelah pulang sekolah Yon bertemu dengan Jim. Mereka akan pergi makan siang bersama di sebuah rumah makan. Selesai makan, Jim melanjutkan tawarannya kepada Yon untuk bekerja sebagai sopir. Rencananya dua hari kemudian Yon akan membuat SIM. Hari itu ia pulang malam. Sampai di rumah ayahnya hanya berkata sebuah kalimat yang sedikit menyakitkan hati Yon dan membuat hatinya bergetar. Saat akan tidur, ayah dan ibu Yon sedikit bertengkar, ibu Yon meminta agar ayah Yon tidak membandingkan Yon dengan saudara-saudaranya.
            Setelah pulang sekolah, Yon lalu menjlankan pekerjaan pertamanya. Saat itu ia lalu pergi ke rumah Jim. Sampoai di sana ia melihat rumah yang mewah dikelilingi tembok tinggi. Yon lalu diperkenalkan tentang pekerjaan yang akan dijalaninya. Jim mengaku bahwa beberapa barang yang dijual adalah barang selundupan. Ia lalu pergi ke salah satu pelanggan Jim, namanya Mery.
Setelah pekerjaan hari pertamanya usai, ia pulang ke rumah Jim. Ia lalu ditawari makan ke sebuah restoran. Ternyata dia diajak ke tempat hiburan. Sampai larut malam ia baru pulang. Sampai di rumah, Yon dan ayahnya bertengkar. Mereka bertengkar karena Yon telah berani membantah perkataan ayahnya.
            Setelah kejadian itu, Yon meminta izin kepada ibunya bahwa ia ingin belajar mandiri dan akan mencari tempat kos. Pekerjaanya bersama Jim termasuk bagus, gaji yang diterimapun lumayan banyak, karena itu, ia mengadakan sebuah pesta yang ia sebut pesta balas dendam. Ia mengajak teman-temannya untuk makan bersama. Di sela makan, mereka membicarakan tentang kelanjutan studi mereka. Mereka juga membicarakan tentang Bram yang terlihat berbeda. Teman Yon juga mengatakan bahwa Bram telah mau untuk sekolah kembali, karena keadaan ibunya yang mulai pulih. Pesta tersebut selesai cukup malam. Akhirnya, untuk malam itu Yon tidur di rumah Ivan.
            Beberapa hari kemudian, Bram kembali bersekolah. Ia terlihat ceria. Ibunya telah sembuh dan ia dapat membayar uang sekolah. Di sisi lain, bisnis Jim sangat berkembang. Pada malam minggu, Jim mengajak Yon ke sebuah bioskop. Ternyata di sana ia melihat seseorang yang mirip dengan ayahnya. Ketika ia sedang menonton film, ia mendengar suara ayahnya sedang mengobrol. Ia semakin yakin bahwa ayahnya bekerja di bioskop tersebut. Pulangnya, ia sangat merasa pusing.
Paginya, ia bangun terlambat. Ia lalu pergi ke sekolah untuk melihat Farid, adiknya. Ia juga memberi Farid uang. Ia menanyakan keadaan ayahnya untuk meyakinkan bahwa ayahnya bekerja di bioskop.
Setelah beberapa hari Jim sangat sulit dihubungi. Sepulang sekolah, Jim ternyata sudah di kamar Yon, ia terlihat seperti orang yang kecelakaan. Ketika ditanya apa yang telah terjadi, Jim hanya menjawab bahwa ia mengalami kecelakaan dan mobilnya masuk jurang. Karena terlihat seperti itu, Jim akan tidur di kamar kos milik Yon.
Keesokan harinya, Jim ternyata telah pergi. Yon lalu membeli koran untuk melihat ada berita tentang Jim atau tidak. Ternyata koran tersebut memberitakan bahwa seorang gembong perampok mengalami kecelakaan dan melarikan diri. Ketika itu dia sadar bahwa ia telah bekerja dengan seorang perampok. Karena takut, tanpa pikir panjang ia lalu pulang ke rumahnya. Ia bertemu dengan ibunya. Setelah sedikit mengobrol, ibunya menceritakan tentang dompet yang ditemukan ayahnya di bioskop. Ia berpikir dan merasa yakin bahwa seseorang yang ia lihat di bioskop adalah benar ayahnya. Saat itu ia ingin meminta maaf kepada ayahnya karena telah salah menilainya. Ia lalu sedikit menjelaskan kepada ibunya tentang dompet tersebut. Beberapa hari kemudian, sebuah surat kabar memberitakan sebuah kabar yang mengejutkan. Berita tersebut memberitakan bahwa seorang gembong perampok meninggal setelah bunuh diri.
Jadi, sebagai seorang anak kita harus bisa mengontrol diri kita agar tidak emosional serta menyadari bahwa segala kasih sayang yang diberikan orang tua kita adalah demi kebaikan kita agar menjadi orang yang sukses di masa depan. Kemiskinan juga jangan membuat kita putus asa. Serta sebagai manusia, kita harus saling tolong-menolong dalam kehidupan bersama.

Nb        : Mendapatkan Juara 2
Source  : Data Pribadi

0 comments:

Posting Komentar


Like .:OSA:.!!! Yoo :)